UN mungkinkah ditiadakan

UN mungkinkah ditiadakan

KoranDigital.com - Ujian Nasional atau UN yang tak hentinya menjadi buah bibir di kalangan masyarakat sampai kini masih terus dikaji dan dievaluasi oleh pemerintah. Perihal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sendiri, pemerintah tengah mencari system yang dianggap ideal mengingat kondisi pendidikan di Indonesia saat ini.

Anggota kabinet kerja yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah Anies Baswedan menyatakan bahwa pihaknya telah meminta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk menganalisa pelaksanaan UN. “Saya telah meminta BSNP untuk melakukan review atau kajian terhadap keberlangsungan UN,” kata Anies kepada pers di sela sela acara Anugerah Ki Hajar, di Kemendikbud, Jakarta, Kamis malam 20 N0vember 2014 lalu.

Lebih lanjut ia menambahkan bukan tidak mungkin UN akan ditiadakan. Oleh karena sistem evaluasi pembelajaran yang lebih menyeluruh harus segera dirancang. Pihaknya pun sudah meminta pendapat dan masukan sejumlah pakar yang telah melakukan penelitian terkait UN guna menyusun evaluasi pembelajaran yang dimaksud.

Anies yang merupakan rektor termuda yang dilantik pada 2007 itu juga mengungkapkan kemungkinan besar, UN tidak akan digunakan lagi sebagai penentu kelulusan. “Kalau soal proporsi kelulusan, sebenarnya UN sudah bukan lagi menjadi penentu,” tandasnya. Seperti diketahui, ketika M Nuh yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menerapkan kelulusan siswa dari nilai UN sebesar 60 persen dan 40 persen diambil dar nilai sekolah.

Namun menurut pelopor gerakan Indonesia Mengajar, Indonesia Menyala, dan Kelas Inspirasi ini, system tersebut masih menyisakan persoalan. Karena tentu belajar di sekolah menjadi tak efektif dimana belajar hanya untuk menjawab ujian.”Saya bedakan studying dan learning. Yang dibutuhkan learning, tetapi yang terjadi studying atau bisa menjawab ujian saja,” tuturnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Anies jga sudah memastikan bahwa UN tidak akan sama seperti saat ini. Fungsi UN bukan lagi penentu kelulusan siswa tetapi hanya sebagai pemetaan dalam pendidikan.
Cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan yang lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 silam ini juga menambahkan bahwa kajian tentang UN juga tak luput dari waktu pelaksanaannya. Sebut saja, apakah UN tetap digelar di pertengahan tahun atau akhir tahun. Selain itu, apakah ujian tetap dilakukan di kelas III seperti sekarang ini atau dilakukan di kelas II.

Pendidikan, sambung Anies, adalah hal yang mendasar. Tiga hal yang menentukan kualitas manusia salah satunya adalah pendidikan, selain kesehatan dan kesejahteraannya tentunya. Pendidikan menjadi hal yang sangat penting di masa depan, ditambah lagi kita berada di era global. “Karena itu kita dorong kualitasnya meningkat.” Cetus Anies.

Putra Kandias, bocah yang mengaku berasal dari tahun 2035

Putra Kandias, Bocah yang Mengaku Berasal dari Tahun 2035

KoranDigital.com - Akhir-akhir ini dunia maya dihebohkan dengan kehadiran Putra Kandias, bocah yang mengaku datang dari tahun 2035 dengan menggunakan mesin waktu. Bagaimana tidak, akun Facebook atas nama Putra Kandias memposting pernyataan yang bersifat kontroversial. Dia mengatakan bahwa akan terjadi bencana besar di awal 2015.

Selamat malam, salam kenal untuk semuanya. Sebelumnya saya minta maaf kalau saya lancang memperkenalkan diri di sini. Nama saya Putra Kandias, saya berasal dari masa depan tepatnya dari tahun 2035, tujuan saya kembali ke tahun 2014 adalah dalam menjalankan sebuah misi, saya di suruh menginformasikan kepada kalian semua penduduk bumi di tahun 2014 agar berhati-hati karena akan ada bencana besar yang melanda Indonesia di awal tahun 2015, bersiaplah saudara-saudara,” tulis Putra Kandias.

Facebook dengan foto profil seorang bocah berseragam sekolah menengah pertama (SMP) pun dipilih sebagai cara menyampaikan pernyataan-pernyataannya yang menggemparkan. Putra Kandias mengaku tiba di tahun 2014 ini tanpa memakai pakaian sehelai pun. Selanjutnya, dia mengatakan telah menjual sebuah jam tangan yang didapat dari laci mesin waktunya untuk membeli pakaian di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang, Sumetera Selatan.

Tak berselang lama, Putra Kandias kembali heboh dengan keinginannya makan mi instan. “Mesin waktu ku jatuh di Palembang, tapi ku sembunyikan. Nih aku mau keluar dengan sembunyi supaya enggak ketahuan ibu kost yang super galak itu. Mau cari makan dulu, laper banget nih beli mie instan ah… Cuma adanya mie sedaap sob. Kalau di tahun 2035 uda berbagai jenis mie instan,” kata Putra Kandias.

Satu hal yang paling menggemparkan media social adalah penjabaran misinya hadir ke 2014, yang diakuinya untuk memperingatkan tentang adanya bencana dan mencari seorang anak indigo yang akan menjadi juru selamat. “Misi ku yang pertama adalah mengingatkan kepada saudara-saudara bahwa akan terjadi bencana besar di awal tahun 2015, misi ke 2 adalah mencari seorang anak indigo (maaf saya tidak bisa menyebutkan namanya) beliau akan saya bawa ke tahun 2035 dan yang ke 3 adalah saya harus merahasiakan apa tujuan saya membawa anak indigo tsb ke tahun 2035 serta merahasiakan di mana posisi mesin waktu saya,” ungkapnya.

Jelas saja, semua pernyataanya di atas mengundang banyak sekali komentar dari para pengguna Facebook. Mulai dari rasa heran sampai kritikan tajam, namun percaya atau tidak, sang pemilik akun ini hanya menanggapi santai. “Percaya atau tidak, lihat saja nanti!” tutup Putra Kandias.

Masalah tidur, bukan masalah lagi

Masalah Tidur, Bukan Masalah Lagi

KoranDigital.com - Masalah tidur agaknya tidak hanya dimiliki oleh beberapa orang saja, kini banyak orang mengeluh tentang tidur mereka, ada yang mengeluh susah tidur, ada yang malah susah bangun. Masalah seperti ini memang biasa dianggap sebagai masalah yang sepele, tapi jika ditelisik lagi, dampaknya cukup merugikan dan juga berpengaruh bagi kegiatan kita sahari-hari.

Untuk menyembuhkan keluhan-keluhan tersebut di atas, banyak hal yang bisa anda lakukan, seperti tips-tips di bawah ini.

Dimulai dari susah tidur, apakah anda ingat perkataan orang bijak ini, bahwa “Anda mungkin bisa membeli ranjang paling mahal yang pernah dijual, tapi Anda tak bisa membeli tidur.” Jika anda salah satu orang yang kesulitan tidur mungkin anda bisa mencoba empat cara berikut ini:

  1. Bangunlah dari ranjang.

Mungkin ini terdengar aneh, tapi sebenarnya iilah salah satu cara cerdas untuk dapat segera tidur. “Lakukan sesuatu yang tenang, tenang, dan santai dalam cahaya redup di kamar lain. Setidaknya keluar dari tempat tidur Anda,” ungkap Doktor Psikologi, Direktur Behavioral Sleep Medicine di Montefiore Medical Center, Shelby Harris, di New York City. “Anda tidak bisa memaksa tidur untuk terjadi, dan berbaring di tempat tidur tanpa bisa tidur justru mempreparah keadaan,” tambahnya.

  1. Jangan pikirkan masalah esok hari.

Ketika Anda mencemaskan apa yang akan terjadi besok, otak anda akan kembali bekerja. Jadi berusahalah untuk membersihkan dan menenangkan pikiran anda sebelum tidur.

  1. Singkirkan semua jenis jam di sekitar anda.

Melihat jam adalah hal yang paling sering dilakukan ketika sulit tidur. Tahukah anda bahwa hal ini akan membuat Anda stress karena secara tidak sadar anda akan menghitung berapa lama waktu yang ‘terbuang’ di ranjang sementara mata anda tak kunjung terpejam.

  1. Buat catatan.

Apabila Anda tetap tidak bisa berhenti memikirkan tentang kegiatan anda yang mengganjal besok, duduklah, nyalakan lampu dan tuliskan pikiran Anda. Setiap saat sediakan alat tulis di dekat tempat tidur Anda.

Jika masalah susah tidur sudah dapat anda atasi, mungkin masalah lainya seperti susah bangun masih mengganggu hari-hari anda. Berikut 4 tips yang bisa anda praktekan dikutip dari Times of India.

  1. Tidur lebih awal

Tampaknya, penyebab umum dari susah bangun pagi adalah kurangnya jam tidur. Maka dari itu berusahalah untuk tidur lebih awal sehingga dapat bangun lebih segar di pagi harinya.

  1. Kebiasaan

Sama halnya dengan kegiatan rutin kita sehari-hari, jadwal tidur kita juga merupakan rutinitas. Oleh karenanya cobalah untuk memulai rutinitas bangun pagi. Sehingga tanpa sadar kita telah membiasakan tubuh kita untuk bangun setiap pagi.

  1. Kurangi kafein

Kurangilah jumlah kafein yang terpasok ke tubuh anda dengan mengurangi kebiasaan anda meminum kopi setiap harnya, maka Anda akan melihat cara itu mengubah pola tidur Anda.

  1. Motivasi

Motivasi kuat dibutuhkan untuk membuat anda bisa bangun pagi. Maka berikan diri Anda alasan yang membuat anda termotivasi untuk bangun pagi.

Lagi-lagi TNI POLRI Bentrok

Lagi-lagi TNI POLRI Bentrok

KoranDigital.com - Lagi-lagi anggota TNI dan Polri terlibat bentrok. Bentrokan kali ini terjadi di Batam, Kepualaun Riau, beberapa waktu lalu. Pengamat militer Anak Agung Banyu Perwita menyatakan bahwa untuk menghentikan konflik-konflik tersebut, reformasi di sektor keamanan memang sangat dibutuhkan dari pada melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat sementara seperti senam bersama.“Itu (senam) salah satu cara yang sifatnya sementara, namun yang lebih penting dalam mencegah konflik antara TNI dan Polri, adalah dengan melakukan reformasi di sektor keamanan. Ini yang harus dituntaskan,” ungkap Agung Jumat (21/11/2014) malam lalu.

Menurutnya, dengan melakukan reformasi di sektor keamanan, akan menyentuh akar permasalahan yang sebenarnya. “Yaitu bagaimana membenahi regulasi dan policy di masing-masing institusi. Itu yang lebih penting daripada sekedar senam bareng dan diliput media. Itu kan hanya make up saja dan bersifat sementara karena tidak menyentuh akar permasalahan,” sambungnya.

Agung berpendapat konflik TNI-Polri masih mungkin berlanjut dikemudikan hari, jika tidak ada tindakan yang nyata dilakukan oleh kedua institusi untuk menuntaskan akar permasalahan yang timbul di permukaan.“Jika ini tidak dituntaskan, maka peristiwa ini bisa terus terjadi. Tapi kita tetap mengaprsesi dan menghargai langkah TNI dan Polri tersebut, kita berharap ini bisa menjadi terus berkelanjutan,” tutupnya.

Di sisi lain, Edi Syahputra Hasibuan, Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sangat menyayangkan aksi tersebut. Pihaknya menyatakan bahwa bentrokan antara Batalion 134 Tuah Sakti dengan Brimob Polda Kepri, yang berakhir tewasnya Praka Joni Kusuma Marpaung, seharusnya dapat dihindari.

Merubah sistem yang ada sekarang, menurut Edi adalah salah satu solusi yang harus dilakukan pemerintah supaya bentrokan dua institusi keamanan tersebut tak terulang kembali. Jadi, tak ada lagi kewenangan yang tumpang tindih antara TNI dan POLRI itu sendiri.“Kita contohkan di perairan, ada Polisi Air dan TNI Angkata Laut. Ini juga rentan konflik, karena batasan dan wewenang petugas, ditambah jika adanya oknum- oknum nakal yang punya bisnis Ilegal,” tutur Edi Minggu (23/11/14).

Selain itu, Edi juka menyatakan bahwa ada beberapa oknum TNI atau Polri yang memiliki bisnis ilegal yang berkaitan dengan bahan bakar minyak (BBM) sampai pembalakan kayu. Oleh sebab itu, perlu adanya tindakan tegas apabial memang terbukti merugikan Negara karena penyalah guanaan jabatan yang mereka lakukan. “Apabila terbukti harus ditertibkan dan ditindak tegas,” ujarnya.

Untuk perubahan sistem yang diusulkannya lanjut Edi, juga harus mengatur tata tertib dan batasan kewenangan antara TNI-POLRI ketika mereka melaksanakan tugas di lapangan. “Karena sistem sekarang banyak ditabrak atau dilanggar, sehingga perubahan sistem nantinya dapat menegaskan fungsi, tugas dan wewenang aparat di lapangan,” pungkasnya.

Heboh presiden pilih penerbangan kelas ekonomi

Heboh Presiden Pilih Penerbangan Kelas Ekonomi

KoranDigital.com - Keberangkatan Presiden Jokowi dan Ibu Negara ke Singapura untuk menghadiri wisuda putra mereka Kaesang Pangarep, di Anglo-Chinese School, Singapura manuai banyak respon dari masyarakat. Pasalnya, keberadaan beliau berdua di Bandara Soekarno-Hatta membuat heboh para calon penumpang lainya, dikarenakan bukan pesawat kepresidenan yang digunakan melainkan pesawat komersial, di kelas ekonomi pula. Wah wah wah … , memang penuh kejutan sang presiden ke-tujuh kita ini.

Jumat 21 November kemarin Jokowi dan rombongannya tiba di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada pukul 14.10 WIB. Kehadiranya disambut langsung oleh petinggi Bandara dan Kapolsek Bandara. Serta yang tak mungkin terhindarkan kehebohan dari para pengantar dan calon penumpang. “Cuma semalam di sana, besok pagi sudah kembali,” tutur Jokowi. Selesai menjawab pertanyaan wartawan selama beberapa menit, Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang warna coklat pun masuk boarding room. Sementara itu Ibu Iriana yang berkebaya warna merah telah mendahului masuk ke dalam pesawat Garuda Indonesia GA-832 yang kemudian langsung menuju bagian belakang dimana itu merupakan tempat favorit Jokowi, yaitu deretan bangku nomor 42.

“Wah…hebatnya presiden kita, mau naik kelas ekonomi seperti kita,” ujar seorang penumpang.

Setelah sebelumnya berhasil membuat heboh seisi Bandara Soekarno Hatta, kali ini Kehadiran Presiden Jokowi dan sang istri, Ibu Iriana Widodo, membuat heboh pula para peserta dan undangan acara wisuda malam itu. Jokowi didampingi Ibu Iriana tiba pukul 19.00 waktu Singapura, Jumat (21/11/2014) kemarin. Walaupun bukan acara kenegaraan, penyambutan khusus dari pihak universitas tetap diadakan.

Andi Widjajanto selaku Sekretaris Kabinet menyatakan bahwa keberangkatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Singapura untuk menghadiri wisuda putranya, Kaesang Pangarep, adalah dengan biaya sendiri. “Itu keluar (biaya) dari Pak Jokowi sendiri, karena urusan keluarga,” ujar Andi di Binagraha, Komplek Istana Negara, Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Andi menambahkan bahwa keberangkatan Presiden Jokowi untuk menghadiri wisuda tersebut hanya didampingi tujuh perangkat protokoler pengamanan yang melekat kepada presiden selama 24 jam. “Didampingi hanya tujuh protokoler keamanan, ini hak protokoler pengamanan yang melekat 24 jam ke Pak Jokowi sebagai Presiden,” jelasnya.

Sedangkan untuk tujuh perangkat yang menyertainya tadi dibiayai oleh negara, mengingat hal tersebut merupakan hak presiden untuk mendapatkan pengamanan protokoler.”Itu (biaya untuk protokoler keamanan) dari negara, karena itu hak protokoler dan pengamanan yang melekat ke Presiden tanggung jawab Sekretariat Presiden. Tapi, Pak Jokowi sendiri, ibu, anak, karena urusan pribadi jadi tidak didanai dari dana operasional Sekretariat Presiden,” imbuhnya.

Dena Rachman Implan Payudara

Dena Rachman Implan Payudara

KoranDigital.com - Dena Rachman, yang dulu mantan artis cilik baru saja menambah satu lagi prasyarat untuk menjadi seorang wanita seutuhnya. Aktris transgender yang satu ini mengakui bahwa dirinya baru saja membuka jahitan setelah implan payudara, yang dilakukanya di Korea Selatan. Dena merasa lega, karena dirinya tidak perlu lagi mengenakan bra khusus untuk membentuk payudaranya.

“Sudah buka jahitan dari dua Minggu setelah operasi, sudah sebulan lalu lepas jahitan. Aku sudah enggak pakai bra khusus juga,” tutur Dena Rachman ketika ditemui Jumat (21/11/2014) lalu di Studio AD, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Kepercayaan diri Publik figure pemilik nama asli Renaldy Rachman ini bertambah karena payudara yang dimilikinya sekarang membuat tubuhnya lebih seksi. Oleh karena itu wajar saja jika di Bali beberapa waktu lalu Dena langsung memilih bikini dengan ukuran 34 B untuk dikenakan. “Pede, jauh lebih pede. Sekarang pakai apa-apa merasa lebih oke jadi pakai deh. Pas aku lagi di Bali, ada kawinan teman juga, ya namanya pengin berbikini. Aku tanya dokter boleh pakai bikini enggak, ternyata boleh, ya sudah,” imbuhnya.

Selain mengaku lebih percaya diri, ternyata kini dirinya banyak digandrungi oleh pria. Dena menuturkan, biasanya ia selalu dijahili oleh lelaki yang baru dikenalnya.”Cowok dari kecil memang sudah jahil. Tapi dijahilinnya kayak gimana dulu nih. Teman-teman aku enggak berani jahil karena mereka tahu aku. Kalau yang baru kenal, iseng ada sih ya,” tuturnya.

Namun ketika dirinya ditanya perihal apakah memilih pria asing atau local sebagai pendampinnya, inilah jawaban Dena “Enggak harus (bule) sih, tapi ya bolehlah,” tukas Dena sembari tersipu malu.

Tetapi ada satu hal yang belum komplit meski Dena sudah bisa disebut seorang wanita. Pasalnya di KTP (Kartu Tanda Penduduk) jenis kelamin Dena Rachman masih tertulis laki-laki. Ketika ditanya perihal tersebut, Dena memberikan keterangan bahwa jenis kelamin baru bisa mengubah identitas di KTP nya setelah melakukan operasi pergantian alat kelamin.”Itu akan diganti kalau alat kelaminnya diganti,” terang Dena. Untungnya, sejauh ini Dena tidak mendapatkan masalah jika tengah berkunjung ke luar negeri. Dena mengatakan hingga saat ini masih aman.”Untuk urusan imigrasi, visa, waktu aku di Italia enggak ada masalah. Mungkin mereka lihat bentukan aku sudah tahu. Di luar sana juga banyak. Mereka kadang suka nanya, dokumen sama KTP harus sama, tapi sejauh ini perlakuan mereka ya masih standar tidak ada yang aneh-aneh, malah mereka nice,” jelas Dena.

Oleh-oleh Jokowi dari KTT APEC

Oleh-oleh Jokowi dari KTT APEC

KoranDigital.com – Sepulang dari Beijing menghadiri KTT APEC, ternyata presiden kita Joko Widodo membawa oleh-oleh yang cukup berharga bagi Indonesia. Oleh-oleh ini didapatnya dari Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Hal ini diketahui ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya dalam acara yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI), Bankers Dinner. Saat membuka pidato, Jokowi bercerita tentang keheranannya terhadap ekonomi Tiongkok. Dia mengaku, selalu bertanya-tanya selama bertahun-tahun, bagaimana bisa ekonomi Tiongkok dapat melompat dan meroket.

“Saya ingin mengakui, bertahun-tahun terus terang tanda tanya, berkaitan dengan melompatnya meroketnya Tiongkok sebagai sebuah raksasa ekonomi dunia sekarang. Kenapa dia bisa seperti itu?” jelas Jokowi di depan sejumlah menteri, pejabat BI, dan bankir dalam acara yang dilaksanakan Kamis 20 November 2014 lalu di JCC, Senayan, Jakarta. Jokowi mengungkapkan keheranannya, bagaimana bisa Tiongkok yang awalnya adalah negara berpaham komunis serta menganut sistem ekonomi tertutup, sekarang, negara dengan sebutan Negeri Tirai Bambu itu berani membuka seluas-luasnya untuk investasi negara lain.

Oleh sebab itu saat menghadiri KTT APEC di Beijing beberpa waktu lalu, Jokowi menceritakan bahwa dalam setiap makan malam dia berada di dekat Vladimir Putin Presiden Rusia, Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan Barack Obama sang presiden negara adi kuasa Amerika Serikat (AS).”Saya punya kesempatan bertanya. Ingin mengerti kuncinya apa. Pas berjejeran saya tanya ke Jinping. Saya mau tanya beri 3 kunci sukses kenapa Tiongkok bisa seperti sekarang. Tiga saja, kalau kebanyakan pusing saya,” Jelas Jokowi.

Kemudian Jokowi pun diberikan 3 kunci sukses olehXi Jinping. Hal yang pertama adalah partai yang bersatu. “Ini yang sulit. Sudah saya bilang ini sulit. Tapi kalau tidak seperti itu, bagaimana membuat visi ke depan. Semua harus menatap ke arah yang sama. Bukan ke barat, timur, utara, dan atas, bawah. Dia yang ngomong itu bukan saya,” ungkap Jokowi. Hal yang kedua tidak lain gagasan, rencana, dan mimpi besar. Jokowi member contoh, jika ingin membangun pelabuhan harus digabung dengan pembangkit listrik. Luas pelabuhannya pun harus 1.000-2.000 hektar. Dan yang terakhir adalah dengan segera membangun infrastruktur untuk konektivitas perhubungan antar kota, provinsi, dan pulau.

“Hubungkan antar kota dan antar provinsi, ini yang harus dikejar dan namanya infrastruktur betul, dia (Jinping) ngomong kalau tidak dikerjakan sekarang atau puluhan tahun itu bisa berlipat-lipat. Seharusnya jika 20 tahun lalu kita punya MRT, maka ongkos tanah masih murah, kontraktor masih murah. Sekarang semuanya mahal,” kata Jokowi. “Ada 3 itu, tapi yang sulit nomor satu,” ujar Jokowi menutup pidatonya.

Sarapan dari berbagai negara di dunia

Sarapan dari Berbagai Negara di Dunia

KoranDigital.com – Bagi sebagian orang, sarapan adalah hal yang merepotkan atau bahkan sesuatu yang secara rutin dihindari. Namun mereka tidak berfikir bahwa sarapan adalah hal yang penting untuk memulai hari dengan menyenankan. Lalu bagaimana dengan anda? Apa sarapan favorit anda? Apakah roti panggang dengan susu?, oatmeal, atau malah makanan berat seperti nasi goreng dan telur? Jawabnya tentu hanya anda yang tau.

Setiap Negara tentu memiliki menu sarapan yang sudah pasti berbeda. Namun, memiliki satu persamaan, yaitu mengandung karbohidrat dan nutrisi yang cukup untuk menunjang aktivitas tubuh sampai tiba saat makan siang. Ada menu yang biasa-biasa saja dan terdengar lezat. Seperti Pho, yang merupakan sup bihun dengan kuah kaldu daging yang menjadi sarapan favorit masyarakat Vietnam. Atau Filmjlk, adalah bubur susu fermentasi yang menjadi menu makan pagi di negara-negara Skandinavia. Tetapi ada pula yang mungkin bagi anda terdengar mengerikan atau bahkan membuat dahi anda berkerut ketika membayangkanya. Misalnya saja jagung busuk yang sangat disukai warga Mexico untuk santapan pagi hari atau haggis, sosis kehitaman Skotlandia yang terbuat dari darah babi atau sapi. “Hiiiiii” pasti salah satu dari anda akan berteriak demikian.

Marilah sekarang kita tinggalan bayangan anda tentang makanan di atas, dan beralih ke menu yang lebih lezat, seperti dilansir Honestcooking, tentang empat menu sarapan yang lezat dari berbagai negara.

Yang pertama adalah Changhua, makanan ini berasal dari Kolombia, bentuknya menyerupai semangkuk sereal dan susu. Tetapi pada kenyataanya ini adalah sup telur yang disajikan dengan roti. Resepnya punbervariasi, namun sebagian besar berisi kaldu susu yang dicampur dengan daun bawang, ketumbar, dan rempah-rempah digunakan sebagai air untuk rebusan telur.

Makanan yang digunakan untuk sarapan berikutnya adalah Sosis rusa dari Alaska. Makanan ini merupakan sejenis sosis yang umumnya berasa sedikit manis dan pedas. Ini adalah sarapan umum dengan daging yang kaya protein dan cocok disantap di daerah dingin.

Sarapan yang ketiga adalah Tamagoyaki dari Jepang, Tamagoyaki adalah omelet yang dibuat dengan banyak lapisan tipis telur gulung. Selain untuk sarapan, tamagoyaki juga dapat dijadikan makan siang dalam kotak bento.

Selain Tamagoyaki, jenis makanan sarapan di Jepang yang lain biasanya terdiri dari sup miso, ikan, nasi dan acar sayuran. Mandazi, adalah jenis makanan yang keempat, makanan ini menyerupai donat goreng, tapi tidak terlalu manis dan biasanya dibuat dengan santan. Sering dibuat pada malam sebelumnya. Adonan ini kemudian dipanaskan dan disajikan untuk sarapan, atau sebagai makanan penutup sederhana dengan taburan buah.

 

Tak ada cokelat di tahun 2020

Tak Ada Cokelat di Tahun 2020

KoranDigital.com – Jika kita mendengar kata cokelat, pasti kata yang pertama kali muncul tidak jauh-jauh dari kata enak, lezat, menyenangkan, penghilang stress dan masi banyak lagi. Pembicaraan tentang cokelat pun menjadi tidak ada habisnya. Pasti ada saja hal yang dibahas menyangkut makanan ini, dari mulai cokelat yang terkenal/ bermerk sampai dengan tingkat rasa cokelat yang agak enak, enak, paling enak dan sebagainya.

Cokelat, dibalik bentuknya yang kecil dan selain menjadi makanan favorit banyak kalangan, ternyata cokelat dapat menghasilkan sesuatu karya seni yang mengagumkan pula. Sebut saja beberapa seniman dunia yang memanfaatkan cokelat sebagai bahan baku karya mereka.

Khalayak umum biasanya hanya mengetahui bahwa cokelat cuma dapat diproduksi menjadi sesuatu yang bisa dinikmati dari segi rasa dan tentu saja bisa dijual. Hal tersebut memang benar adanya. Tetapi, di balik itu anggapan itu sebenarnya banyak produk yang dapat dihasilkan dari cokelat. Seperti yang kita juga tahu, cokelat dapat dijadikan cokelat bar atau diolah menjadi cokelat yang sudah diberi rasa lain, seperti buah-buahan atau ditambahkan kacang di dalamnya.

Namun apakah kita tahu ada kemungkinan pada tahun 2020 kita tidak bisa menikmati kelezatan cokelat lagi???

Ya, produksi cokelat dengan sedikit kakao akan ikut bersumbangsih terhadap ketersediaan buah kakao yang terus berkurang setiap tahunnya. Pengakuan yang mengejutkan dari beberapa perusahaan besar yang memproduksi cokelat seperti Snickers dan Twirls bahwa mereka sudah mulai kekurangan bahan baku membuat cokelat, yakni kakao menambah mungkin perkiraan di atas sebelumnya.

Dinyatakan oleh para ahli, apabila tidak diantisipasi mulai sekarang, bisa-bisa kenikmatan cokelat tidak bisa lagi kita rasakan pada tahun 2020 mendatang. Sebagaimana dilansir TheGuardian, Kondisi ini memang mungkin terjadi karena mempertimbangkan beberapa faktor, seperti perubahan iklim, faktor ekonomi, geopolitik dunia, terus bertambahnya permintaan di Tiongkok dan Brasil, serta penyebaran Ebola di wilayah Afrika Barat yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi di wilayah Pantai Gading dan Ghana., Kamis (20/11/2014) kemarin. Dalam 10-15 tahun terakhir, banyak produsen yang memproduksi cokelat mewah yang kepadatan kakao mencapai 70%.

“Banyak chef yang diwajibkan untuk membuat cokelat dengan kepadatan 70 persen kakao. Karena ini merupakan standar dalam membuat cokelat mewah. Dan semua orang jadi lupa tentang campuran cokelat putih dan susu, yang juga bisa digunakan untuk membuat cokelat lezat,” ujar Paul A Young, salah satu produsen cokelat.

Banjir Bandang Melanda Solok

Banjir Bandang Melanda Solok

KoranDigital.com – Dampak musim penghujan sudah mulai terlihat di daerah-daerah di Indonesia. Tidak hanya ibu kota yang berlangganan banjir akibat musim penghujan, di  Nagari Sei Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat juga menjadi sasaran genangan air karena derasnya hujan di pertengahan bulan November ini. Hasilnya, banjir bercampur lumpur setinggi tiga meter merendam perumahan warga di sana.

Sumardianto yang menjabat sebagai Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan, menyatakan, sejak kemarin sore hujan lebat mengguyur daerah tersebut menyebabkan Sungai Batang Pangean yang berada di Kecamatan Sangir Balai Janggo meluap. Luapan air yang bercampur lumpur pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB itu pun semakin tinggi hingga mencapai ketinggian tiga meter. Pihaknya menambahkan, banjir berlumpur atau dalam istilah lain disebut galodo itu merendam sekitar 150 rumah warga yang berada di dua jorong Nagari Sei Kunyit, meliputi Jorong Pasar dan Taratak serta perumahan karyawan PTPN VI. Dirinya juga menambahkan bahwa banjir kali ini memaksa petugas gabungan mengevakuasi 821 warga dari 148 kepala keluarga. Dan menurutnya, banjir tersebut sejak 1978 merupakan banjir yang terbesar.

Di lain pihak, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Zulkarnaini, menyebutkan, saat ini pihaknya tengah menyalurkan bantuan berupa beras, peralatan dapur umum serta nasi bungkus kepada para korban banjir.”Bantuan sedang bergerak. Sebentar lagi sampai di lokasi,” ujar Zulkarnaini. Dirinya juga menambahkan, bersama BPBD pihaknya akan membangun dapur umum pula. “Dapur umum saat ini sedang dibuat,” tandasnya.

Selain di Kecamatan Sangir Balai Janggo, hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Bukit Sundi dan Kubung. Disana, banjir telah merendam rumah penduduk setinggi 2 meter. Banjir ini disebabkan karena tingginya curah hujan di daerah Kabupaten Solok, Sumatera Barat. “Banjir itu telah terjadi tadi pagi, akibat luapan Sungai Lembang Jaya, kini masyarakat sedang mengungsi,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Abdul Manan. Abdul menjelaskan pula bahwa kedalaman banjir mulai dari 0,5 meter hingga 2 meter terutama yang berada di pinggiran sungai.“Saat ini laporan dari anggota banjir sudah mulai surut, saya belum bisa memberikan keterangan, ini baru mulai pendataan,” katanya. Diperkirakan ada ribuan warga yang mengungsi akibat banjir tersebut. Belum ada laporan korban jiwa termasuk kerusakan rumah yang dialami akibat banjir kali ini. “Tim kita masih melakukan pendataan, serta menyiapkan bantuan makanan untuk para korban,” imbuhnya.